TEORI KEPRIBADIAN GEORGE A KELLY


Nurul Khikmah (19310410064)

Psikologi Kepribadian II

Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi., MA


George Alexander Kelly dilahirkan di Perth, Kansas pada 28 April 1905 yang merupakan anak tunggal. Kelly mendalami berbagai bidang ilmu; pendidikan, sosiologi, ekonomi, ketenagakerjaan, antropologi, dan juga psikologi yang akhirnya merumuskan teori personal construck.

Pandangan Filsafat Kelly 

Setiap pribadi akan memahami alam semesta dengan cara yang berbeda sehingga cara individu menginterpretasi akan menjadi kunci untuk memprediksi perilaku individu tersebut. Teori konstruk personal tidak berusaha untuk menjelaskan alam, melainkan sebuah teori mengenai konstruksi manusia terhadap peristiwa-peristiwa, yaitu pencarian pribadi mereka ke dalam dunia mereka. 

Personal Construck Theory  

Manusia berusaha untuk memahami dunia seperti hal-nya seorang ilmuwan. Suatu konstruk personal adalah cara seseorang dalam melihat hal-hal yang serupa, namun juga berbeda dari hal lain. Saat individu mampu mempersepsikan sesuatu secara jelas atau samar-samar, maka konstruk personal akan membentuk perilaku seseorang. Manusia akan menggunakan personal constructs untuk memahami dunia; menyerupai paradigma.  

Struktur Kepribadian 

Personal Construck merupakan struktur kunci dalam teori kepribadian Kelly.  

Personal Construck: struktur kognitif yang  digunakan untuk menginterpretasi dan meramalkan suatu peristiwa atau keadaan. 

Manusia mengembangkan berbagai konstruk sepanjang hidupnya.  

Setiap individu menggunakan personal construck yang berbeda dan tidak mengatur konstruk mereka secara persis sama dengan orang lain. 

Konstruk yang sudah ada dapat diperbaiki, dimodifikasi karena manusia dan peristiwa selalu berubah dari waktu ke waktu  

Tidak ada konstruk yang absolut  

Constructive alternativism: manusia bebas untuk memperbaiki atau mengganti konstruk personalnya berdasarkan beragam peristiwa yang dialami.  


Daftar Pustaka:

Feist, J & Feist G. J. 2002. Theories of Personality 5th edition. Boston. Mc Graw Hill, Inc 

Hall, G & Lindzey, G. 1995. Teori Holistik – Organismik Fenomenologis. Editor : A Supratiknya. Yogyakarta Penerbit Kanisius. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI STIMULUS-RESPON, JOHN DOLLARD DAN NEAL E. MILLER

TEORI KEPRIBADIAN RAYMOND B CATTELL

TEORI SOSIAL LEARNING, WALTER MISCHEL DAN MARTIN SELIGMAN