TEORI KEPRIBADIAN KURT LEWIN


Nurul Khikmah (19310410064)
Psikologi Kepribadian II
Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi., MA


Kurt Lewin lahir pada 9 September 1890 di Prusia. Merupakan anak kedua dari 4 bersaudara keluarga Yahudi. Lewin fokus pada masalah-masalah sosial dan perempuan. Dalam mengembangkan teorinya, Kurt Lewin memakai asumsi Gestalt. Ada 3 asumsi yang digunakan dalam mengembangkan teorinya:  
1. Dasar pemahaman psikologi bukan elemen (gambaran rinci jiwa) tetapi saling berhubungan, pola atau konfigurasi. Elemen digambarkan untuk memahami saling hubungannya, bukan wujud dan ukurannya 
2. Beberapa saling hubungan menjadi dasar dari saling hubungan yang lain, sehingga dapat dideskripsikan kecenderungan kepribadian bergerak menuju kesatuan gestalt.  
3. Psikologi seharusnya dipahami dalam bentuk teori medan, dimana field adalah sistem pengaturan diri yang ditentukan oleh saling hubungan antar bagian-bagian dari unsur yang mendukung sistem itu. 

Ruang Hidup (Life Space)
Ruang hidup adalah seluruh isi elips, yang meliputi keseluruhan kumpulan fakta, yang ada pada suatu saat, yang mempengaruhi atau menentukan tingkahlaku. Ruang hidup merupakan potrest sesaat, yang terus menerus berubah, mencakup persepsi orang tentang dirinya sendiri dalam lingkungan fisik dan sosialnya saat itu, keinginan, kemauan, tujuan-tujuan, ingatan tentang peristiwa masa lalu, imajinasinya mengenai masa depan, perasaan-perasaannya, dan sebagainya. 
Rumus: 
  Rh = (P + E ) 
Keterangan: 
Rh: ruang hidup,  P : daerah pribadi,  E : daerah lingkungan psikologis  

Lingkungan Psikologis 
Daerah lingkungan psikologis dapat dibagi dalam pecahan-pecahan yang disebut region. 
Region : semua stimulus yang ditangkap oleh persepsi dan kemudian mempengaruhi atau menjadi bagian yang menyibukkan fungsi kognitif manusia, berarti stimulus itu mempunyai tempat tertentu yang disebut region dalam lingkungan psikologis seseorang  
Bondaris : semua garis yang tertera pada diagram itu disebut bondaris, bisa merupakan batas antar sel, antar region, atau antara daerah lingkungan psikologis dengan daerah persepsi-motorik, dengan daerah pribadi dalam.

Daerah Pribadi (Person Area)
Digambarkan dengan lingkaran tertutup yang menunjukkan bahwa pribadi adalah kesatuan yang terpisah dari hal lain di dunia tapi tetap menjadi bagian dari dunia.

Daftar Pustaka:
Alwisol. 2009. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Hall, G & Lindzey, G. 1995. Teori Sifat Behavioristik. Editor : A Supratiknya. Yogyakarta Penerbit Kanisius. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI STIMULUS-RESPON, JOHN DOLLARD DAN NEAL E. MILLER

TEORI KEPRIBADIAN RAYMOND B CATTELL

TEORI SOSIAL LEARNING, WALTER MISCHEL DAN MARTIN SELIGMAN