TEORI KEPRIBADIAN ABRAHAM MASLOW


 Nurul Khikmah (19310410064)

Psikologi Kepribadian II

Dosen Pengampu: Fx. Wahyu Widiantoro S.Psi., MA


Abraham Harold Maslow adalah salah seorang tokoh psikologi kelahiran Amerika yang sangat terkenal. Lahir di Brooklyn, New York tanggal 1 April 1908. Dalam teori motivasinya, Abraham Maslow mengkontruk teori motivasinya berdasarkan hirarki. Abraham Maslow membagikan kebutuhan tersebut ke dalam berbagai jenjang, yaitu:

1. Kebutuhan fisik dan biologis, yaitu kebutuhan mempertahankan hidup yaitu kebutuhan makan, minum, dan seterusnya. Keinginan untuk memenuhi kebutuhan fisik ini merangsang seseorang bertingkah laku dan melakukan pekerjaan.

2. Kebutuhan, keselamatan, dan keamanan. Kebutuhan tingkat ini adalah kebutuhan keselamatan.

3. Kebutuhan sosial. Kebutuhan ini dibutuhkan karena merupakan alat untuk berinteraksi antara sesama, serta diterima dalam pergaulan kelompok. Manusia tidak akan mau hidup menyendiri dari tempat terpencil, ia selalu membutuhkan orang lain dalam hidupnya.

4. Kebutuhan akan penghargaan. Kebutuhan ini adalah kebutuhan akan penghargaan dati masyarakat lingkungannya. Ia muncul karena adanya prestasi.

5. Aktualisasi diri. Kebutuhan ini adalah kebutuhan akan aktualisasi diri dengan menggunakan segala kemampuan, keterampilan, dan potensi optimal. Keinginan seseorang untuk mencapai kebutuhan sepenuhnya dapat berbeda antara satu dan lainnya.

Apa yang menjadi perhatian humanis adalah sintesa dari psiko-analis dan behaviorisme pergerakan kaum humanis ini melihat dirinya berbeda dari dua kekuatan dominan di dalam 2 psikologi diatas. Ide-ide humanis Abraham Maslow.

Manusia memiliki hakikat batin yang efisiensi dan biologi yang ada di dalamnya. 

Inti batin ini sebagian merupakan perluasan spesies dan sebagian idiosinkratik karena semua memiliki kecenderungan kemampuan khusus.

Hakikat batin tidak sekuat insting-insting hewan dia rapuh, lunak, dan dalam banyak hal lemah.

Menurut saya, 5 kebutuhan dasar Abraham Maslow itu sangat penting dalam aspek kehidupan. Karena kita sebagai manusia memiliki kebutuhan fisik dan biologis, keselamatan dan keamanan pun juga sangat penting. Karena kita kalau tidak menjaga keselamatan dan juga keamanan itu akan membahayakan dalam diri kita. Kita sebagai manusia juga sangat membutuhkan kebutuhan sosial karena kita tidak bisa hidup sendirian tanpa bantuan orang lain. Prestasi yang kita dapat kita juga harus membutuhkan penghargaan dari orang lain. Kemampuan, keterampilan ,dan potensi optimal juga sangat penting untuk mencapai kebutuhan sepenuhnya.

Kesimpulan: Kita sebagai manusia sangat penting untuk melakukan semua kebutuhan yang telah di jelaskan Abraham Maslow. Apabila kita tidak melakukan semua itu pasti akan mengalami hal-hal yang tidak di inginkan. Karena semua kebutuhan Maslow sangat penting bagi kita. 

Daftar Pustaka:

Abraham Maslow, Motivasi dan Kepribadian, alih bahasa: Nurul Iman, (Bandung: Rosyda Karya, 1993), hal. 43-57

William Crain, Teori Perkembangan: Konsep dan Aplikasinya edisi ketiga, alih bahasa: Yudi Santoso, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007), hal. 550-556


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI STIMULUS-RESPON, JOHN DOLLARD DAN NEAL E. MILLER

TEORI KEPRIBADIAN RAYMOND B CATTELL

TEORI SOSIAL LEARNING, WALTER MISCHEL DAN MARTIN SELIGMAN